Visi Misi, Tugas Pokok dan Fungsi


VISI DAN MISI  

Visi

Mengacu pada visi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu  “Mewujudkan Masyarakat Nusa Tenggara Barat Yang Beriman, Berbudaya, Berdayasaing dan Sejahtera”. Sesuai tugas pokok dan fungsi Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian,Perikanan dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan visi yaitu :

 “TERWUJUDNYA SISTEM PENYULUHAN YANG INOVATIF DAN PARTISIPATIF”

Penjabaran makna dari visi Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Penyuluhan berarti seluruh rangkaian pengembangan kemampuan, pengetahuan keterampilan serta sikap pelaku utama dan pelaku usaha melalui penyuluhan.
  2. Inovatif berarti proses atau hasil pengembangan pemanfaatan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses atau system yang baru yang memberikan nilai yang berarti.
  3. Partisipatif berarti terlibat secara aktif dalam penyuluhan dan bertanggungjawab dalam pencapaian tujuan penyuluhan itu.

Untuk mewujudkan Visi tersebut, maka Misi Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha pertanian.
  2. Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha perikanan.
  3. Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian pelaku utama dan pelaku usaha kehutanan.
  4. Meningkatkan kemampuan dan kemandirian sumber daya manusia pertanian dalam arti luas.
  5. Meningkatkan kwalitas pendidikan tenaga teknis menengah pertanian.
  6. Meningkatkan kelancaran dan ketertiban pelayanan internal.

 

Tugas dan Fungsi

Tugas dan fungsi Sekretariat Bakorluh Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 10 Tahun 2011 adalah sebagai berikut :

TUGAS

Tugas Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam menyelenggarakan tugas, fungsi dan kewenangannya di bidang koordinasi penyuluhan;

FUNGSI

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Sekretariat Bakorluh menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi lintas sektor;
  2. Peningkatan optimalisasi partisipasi masyarakat dalam penyuluhan;
  3. Pelaksanaan advokasi masyarakat dalam penyuluhan dengan melibatkan unsur pakar, dunia usaha, instituisi terkait, perguruan tinggi dan sasaran penyuluhan;
  4. Penyusunan kebijakan dan programa penyuluhan provinsi yang sejalan dengan kebijakan dan programa penyuluhan nasional;
  5. Penyusunan satuan administrasi pangkal (satminkal) penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan Pegawai Negeri Sipil (PNS);
  6. Pelaksanaan penyuluhan wilayah provinsi;
  7. Pengelolaan pembiayaan penyuluhan;
  8. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi penyuluhan;
  9. Pengembangan kelembagaan pelaku utama dan pelaku usaha untuk mengembangkan agribisnis usaha tani;
  10. Pengembangan forum masyarakat untuk mengembangkan usaha tani dan memberikan umpan balik kepada pemerintah daerah;
  11. Peningkatan kapasitas penyuluh PNS, swadaya dan swasta;
  12. Pembinaan dan pengawasan penyuluhan pada Kabupaten/Kota;
  13. Pengelolaan administrasi keuangan, kepegawaian, perlengkapan, rumah tangga dan ketatausahaan di lingkungan Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.