Selasa, 07 Maret 2017 - 10:06:49 WIB
Sekitar 400 Petani NTB Siap Menuju Penas XV di Aceh
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 258 kali

Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB melakukan rapat koordinasi persiapan Pekan Nasional (PENAS) ke XV bersama Dinas Kab/Kota se NTB dan KTNA Kab/Kota, Prov. di Aula BPPSDMPP NTB (21/02/2017). Rencananya, sekitar 400 lebih petani NTB akan mengikuti acara, yang akan digelar pada 6-11 Mei 2017 di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh ketua KTNA Prov. NTB Ir. M. Sabri menjelaskan berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan mulai dari rembug madya dan rembug utama, temu profesi, temu sukses petani dan penyuluh, serta temu petani ASEAN dan mitra. Dan dapat digunakan untuk mengembangkan kemitraan dan membuka perdagangan produk pertanian di antara petani ASEAN. Selain itu, ada expo, promosi, dan pasar lelang hasil pertanian, dan sebagainya. Sehingga  setiap ajang kegiatan peserta NTB dapat berpartisipasi dan mengikuti keseluruhannya.

Oleh karena itu, perlu dilakukan koordinasi dan sikronisasi persiapan peserta pada setiap masing-masing kegiatan dan didampingi oleh panitia provinsi yang bertugas mendampingi peserta petani disetiap acara kegiatan tegasnya.

Sebelumnya peserta penas telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari pada saat pelaksanaan pecan daerah (PEDA) Provinsi pada bulan November 2016. Sehingga secara moril peserta telah siap, tinggal memantapkan mental dan fisik peserta. Karena lokasi pelaksanaannya cukup jauh yaitu Kota Banda Aceh, Prov. NAD ungkap.

Sedangkan Kepala Balai PPSDMPP NTB Ir. Lalu. Muhammad Zaki, MM bahwa kegiatan Penas ini merupakan kegiatan form pertemuan antar petani nelayan dan hutan dalam memberikan tukar informasi dan pengalaman mulai dalam pengembangan teknologi, kemitraan jejaring kerjasama petani, nelayan dan hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta serta pemerintah secara swadaya dan mandiri mencapai pembangunan nasional. Sesuai dengan tema penas tahun ini yaitu “Melalui PENAS Petani Nelayan XV 2017 Kita Mantapkan Kelembagaan Tani Nelayan dan Petani Hutan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian, Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani dan Nelayan Indonesia”

Karena menurut informasi Penas XV di Banda Aceh, mempunyai perbedaan dengan pelaksanaan penas-penas sebelumnya adanya rangkaian kegiatan outbond dan ngopi terpanjang dan terbanyak di dunia. Dan akan dilakukan pertemuan Rakernas MAI dengan para stake holder dari Asia Pasific beserta para KTNA dan petani mengenai pemasaran produk.

Sehingga peserta dapat meningkatan motivasi, kegairahan para petani nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan di NTB selanjutnya.

Bukan hanya pada sector pertanian, sektor perikanan dan sektor kehutanan tetapi juga sektor peternakan serta sector perkebunan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah Prov. NTB



0 Komentar :