Rabu, 28 September 2016 - 13:41:53 WIB
Bakorluh Ikut Bagian Memeriahkan Open House Inovasi Teknologi Pertanian 2016
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 315 kali

Pameran dalam rangka kegiatan open house inovasi teknologi pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB. Bakorluh Prov. NTB ikut memeriahkan dan mensukseskan acara selama 2 Hari  pada tanggal 27-28 September 2016. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH.,M.Si berlangsung sangat meriah yang dipusatkan dihalaman belakang BPTP NTB.

Kegiatan open house merupakan kegiatan dalam rangka ekspose dan diseminasi hasil penelitian dan pengkajian badan litbang pertanian mendukung Upsus swasembada komoditas strategis nasional. Sehingga menjadi kegiatan yang sangat strategis dalam memperkenalkan promosi berbagai inovasi teknologi yang telah dihasilkan sebagai mempercepat guna penyebaran dan pemanfaatannya oleh pelaku utama dan pelaku usaha lainnya. Sesuai dengan tema Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Komoditas Strategis dan Unggulan Nasional Melalui Penerapan Tteknologi Spesifik Lokasi Unggulan Badan Litbang Pertanian.

Sebagai inovasi teknologi dan penyampaian pemanfaatannya mulai dari proses peneltian, pengkajian, pengembanan hingga penerapan oleh pengguna. Melalui hal tersebut Bakorluh sebagai badan koordinasi penyuluh dalam mengkoordinasi, integrasi, singkronisasi lintas sektor optimalisasi partisipasi, advokasi masyarakat dengan melibatnya unsur pakar, dunia usaha, institusi terkait, perguruan tinggi dan sasaran penyuluhan. Salah satunya dalam bentuk pameran agroinovasi yang diikuti lingkup pertanian, dinas/badan lingkup pertanian (rumpun hijau),penguruan tinggi, swasta dan petani.

Bakorluh Prov NTB memamerkan berbagai produk hasil pertanian dari kelompok tani dan gabungan kelompoktani. Sebagai produk hasil penerapan inovasi ilmu teknologi petani yang didapatkan oleh penyuluh binaan sesuai dengan komoditi produk teknologi unggulan pada masing-masing lokasi secara spesifiknya. Selain itu, bukan hanya produk hasil pertanian tetapi juga beberapa teknologi alat seperti alat jajar legowo serta berbagai informasi teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan i dalam bentuk brosur, leflek, majalah dan sebagainya.

Dihari kedua, alhamdulillah Bakorluh NTB mendapatkan juara ke II dalam kegiatan Menu Masak lomba kreasi produk pangan berbahan baku pangan lokal dan SMKPP Mataram juara III dan BKP Prov. NTB juara I.



0 Komentar :