Jumat, 16 September 2016 - 14:34:44 WIB
Persiapan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan Tahun 2016 di NTB
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 702 kali

Kegiatan Pekan Daerah (PEDA) Tahun 2016 akan menjadi kegiatan besar para petani dan nelayan se NTB. Kegiatan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) seluruh kabupaten/kota akan menyelenggarakan pertemuan  pengembangan berbagai sektor  pertanian, perikanan dan kehutanan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah Prov. NTB.

Pekan Daerah akan sangat penting dan berarti bagi petani dalam arti luas untuk kemajuan daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh plt. Kepala Sektretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Prov. NTB Muhamad Riadi, SP.,M.Ec.Dec dalam membuka rapat perdana pertemuan persiapan pelaksanaan pekan daerah yang dijadwalkan pada awal bulan november 2016 bersama Dinas/Badan SKPD Lingkup Provinsi, Bapeluh Kabupaten/Kota dan Penyuluh Provinsi NTB di Aula Bakorluh Prov. NTB (16/09/2016).

Dalam kegiatan PEDA yang sebelumnya di tahun 2014 tidak jauh beda pelaksanaan ditahun 2016 ini akan tetapi maksud dan tujuan akan lebih baik dengan direncanakan kegiatan event seperti pasar lelang antar petani dan pengusaha ungkapnya.

Sehingga persiapan pekan daerah lebih matang sebelum pelaksanaannya, karena kegiatan ini merupakan kegiatan para petani dan nelayan se NTB. Sehingga sangat penting dalam koordinasi dan sinergitas antar semua pihak dalam unpaya meningkatkan pertanian, perikanan dan kehutanan. Oleh karena itu, masing-masing pihak SKPD terkait akan saling terikat dan tidak bisa berdiri sendiri dalam peran masing-masingya.

Sedangkan ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Prov. NTB Ir. M. Sabri Amin mengukapkan bahwa  pelaksanaan PEDA tahun 2016 lain dari pada yang lain. Dimana pelaksanaannya dimajukan 1 tahun sebelum pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) XV Tahun 2017 di Provinsi Aceh. Sehingga persiapan peserta akan lebih matang dengan dilakukan pembinaan, motivasi ditingkat nasional.

Ditambahankan lagi oleh Kepala Bidang Pertanian Bakorluh Prov. NTB Ir. Hj. Ulayati Ali, M.Si, bahwa pelaksanaan pekan daerah tahun 2016 akan diikuti sekitar 400 peserta dari kabupaten/kota se NTB pada awal bulan november, yang  insyallah direncanakan dan dipusatkan di asrama haji mataram.

Dalam pelaksanaan pekan daerah akan dilakukan berbagai kegiatan lainnya temu wicara bersama gubernur/wakil gubernur, dialog interktif, temu profesi, unjuk tangkas, asah trampil, temu teknologi, temu karya, kesenian daerah, olah raga dan sebagainya.



0 Komentar :