Rabu, 07 September 2016 - 07:08:22 WIB
Kursus Tani Bagi Pelaku Utama Perikanan Kabupaten/Kota se NTBKursus Tani Bagi Pelaku Utama Perikanan
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 602 kali

Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan serta menjaga kelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan (konstribusi sektor kelautan perikanan) merupakan tujuan pembangunan perekonomian nasional atau Pro Growth. Melalui pemerintah dalam mengelola perikanan tangkap secara terpadu dan terarah secara berkelanjutan dari generasi sesuai denga visi indonesia sebagai penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar ada tahun 2015.  

Sehingga kendala yang sering dihadapi oleh pelaku utama/pelaku usaha perikanan masih rendahnya pendapatan nelayan, terbatasnya prasarana perikanan serta rendahnya mutu kualitas penangkapan yang mengakibatkan harga pemasaran anjok.

Oleh karena itu, dalam mengatasi permasalah tersebut dilakukan upaya optimalisasi pemanfaatan sumberdaya kelautan perikanan melalui pendampingan nelayan yaitu pelatihan kursus tani pembuatan produk olahan hasil perikanan bagi .

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Bakorluh Prov. NTB “Ir. H. Suniri, M.Si” dalam membuka acara pelatihan kursus tani pembuatan produk olahan perikanan daerah pesisir di Kelompok Perikanan Cakalang Kampung Bugis Ampenan pada 6 September 2016.

Sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan rendahnya pendapatan keluarga nelayan. Maka sangat perlu dilakukan pelatihan pengolahan hasil perikanan semacam ini, sehingga dapat memberikan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap nelayan dalam bentuk olahan yang higines akibatnya pesaingan produk akan kualitas dan mutu dipasar terjamin yang memberikan pendapatan nelayan perekonomian berubah tegasnya.  

         Dalam kegiatan pelatihan kursus tani peserta akan diberikan informasi dan wawasan dalam melakukan olahan hasil perikanan yang baik seperti Pemindangan higienis, Pembuatan dendeng ikan, sus kering, pembuatan nagget ikan dan sebagainya. Sehingga memperoleh nilai jual yang lebih tinggi dan berkesinambungan. Bakorluh NTB mendatangkan langsung narasumber sebagai instruktur  praktek dari “Arlina Maya Sari” UPT P2HP Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Hasil Perikanan Wilayah Nusa Tenggara Barat  dan penyuluh perikanan pada masing-masing kabupaten/kota.



0 Komentar :