Senin, 17 November 2014 - 09:34:54 WIB
Beras Merah Sembalun Kaya Manfaat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Penyuluhan Pertanian - Dibaca: 149130 kali

oleh : Nurmalinda Rurianti, SP ( Penyuluh Pertanian Bakorluh Provinsi NTB )

Beras merah memang bisa di bilang beras yang lebih mahal daripada beras putih, selain itu masyarakat Indonesia cenderung lebih banyak mengkonsumsi beras putih padahal manfaat dan khasiat yang terkandung pada beras merah lebih banyak dari pada beras putih. Harganya yang sedikit lebih mahal dari beras putih namun sebanding dengan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Penelitian dari Experimental Biology annual conference di Anaheim, California, AS mengungkapkan ada 2 (dua) jenis beras yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan resiko serangan jantung yaitu beras merah dan setengah giling (metapencarian.com/manfaat-beras).

 

Terletak di kaki gunung Rinjani Sembalun merupakan daerah pertanian yang subur sehingga aneka usahatani sangat berkembang di daerah tersebut terutama komoditi yang dihasilkan menjadi khas dan terkenal hingga skala nasional. Salah satu komoditi yang khas di Sembalun yaitu beras merah, sejak dahulu kawasan Sembalun dikenal sebagai daerah penghasil beras merah di NTB dan berkembang hingga saat ini. Salah satu usaha beras merah di Sembalun yang dikelola secara profesional yaitu Beras merah Pade Beaq CV. Berkah Nusa Tenggara. Beras merah asli sembalun ini tersedia dalam kemasan 2kg dan 5 kg dengan harga Rp. 20.000/kg. Jika ditilik, dalam satu mangkuk beras merah mengandung sekitar 3,5 gram serat, sementara beras putih kurang dari 1 gram. Banyak manfaat dari mengonsumsi beras merah, yakni dapat meningkatkan perkembangan otak dan menurunkan kolesterol darah. Sebut saja, lemak dalam kulit ari kebanyakan merupakan lemak esensial, yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi beras merah yaitu :

1. Menurunkan Kolesterol

Beras merah memiliki bagian dedak, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak dedak ditemukan dalam beras merah yang pada gilirannya membantu mencegah risiko penyakit jantung. Konsumsi beras merah minimal seminggu sekali untuk dapatkan manfaatnya.

2. Mengurangi Risiko Obesitas

Beras merah mengurangi dorongan untuk makan. Beras merah dapat membantu untuk memberikan energi pada tubuh dan membuat Anda merasa kenyang sepanjang waktu. Jika dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko kegemukan dan baik untuk pencernaan.

3. Membantu untuk Menurunkan    Tingkat Gula Darah

Beras ini membantu untuk menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh. Jika dibandingkan beras putih, yang merah adalah pilihan lebih baik bagi penderita diabetes.

4. Kaya Antioksidan

Beras merah kaya akan antioksidan, yang bermanfaat bagi kulit. Konsumsi beras merah secara teratur mengurangi munculnya keriput pada kulit. Sehingga Anda bisa tampak awet muda. Serta berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

5. Kaya Vitamin B6

Satu porsi beras merah memiliki 23 persen vitamin B6. Beras ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bahkan, beras merah membantu dalam fungsi yang tepat dari organ-organ dalam tubuh.

6. Kaya Serat

Beras merah kaya akan kandungan serat, sehingga membantu mencegah masalah sembelit. Beras tersebut memberikan energi yang diperlukan agar tubuh berfungsi normal.

7. Menolong Penderita Asma

Beras merah kaya akan magnesium yang membantu mengatur pernapasan tubuh. Asupan nasi merah teratur membantu mencegah masalah asma.

8. Baik untuk Tulang

Seperti beras merah kaya akan magnesium, juga baik untuk kesehatan tulang. Konsumsi secara teratur dapat membantu untuk mencegah masalah nyeri sendi.

Selain itu,beras merah mengandung tiamin (vitamin B1) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi. Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia 6 bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Belum lagi vitamin dan mineral-mineral penting lainnya. Sayangnya kita lebih familiar dengan beras putih. Jarang sekali di dalam keluarga mengonsumsinya. Nah, jika ingin keluarga sehat, mulailah mengonsumsi beras merah.

 

Sumber :

  1. http://www.id.metapencarian.com/web?ts=go&q=pengertian+beras+merah
  2. http://berasmerahpadebeaq.blogspot.com/p/keunggulan-beras-merah-beras-merah_8.html

 

 

 

 



0 Komentar :