Kamis, 19 Juni 2014 - 13:22:50 WIB
Daftar Lomba dan Nama Pemenang Lomba Pekan Nasional XIV di Malang Provinsi Jawa Timur 7 s/d 12 Juni
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 100073 kali

A. Kegiatan olah raga dan keakraban diikuti oleh seluruh peserta Provinsi se Indonesia, ada 4 (empat) mata lomba yang diadakan yaitu :


1. Lomba gasing dengan 5 orang
2. Lomba lari karung dengan 3 orang,
3. Lomba bakiak dengan 5 orang dan
4. Lomba engrang dengan 3 orang

Peserta Provinsi Nusa Tenggara Barat ikut serta dalam kegiatan lomba dimana untuk lomba gasing NTB diskualifikasi terkait dengan jumlah peserta 1 orang. Sedangkan untuk lomba lari karung, lomba bakiak dan lomba engrang peserta Prov. NTB kalah dalam babak penyisihan.


B. Kegiatan unjuk tangkas dikuti oleh seluruh peserta provinsi se Indonesia, ada 7 mata lomba yang diadakan yaitu:


1. Lomba bongkar pasang traktor
Lomba bongkar pasang traktor diikuti oleh 28 peserta provinsi se Indonesia dengan jumlah peserta 2 orang/provinsi. Peserta NTB tersisih dengan peserta provinsi lain yang lebih akurat tentang teknik mesin pada mesin traktor.


2. Memasang alat tanam padi system jajar legowo
Peserta NTB tidak ikut serta dalam kegiatan lomba


3. Memilih jenis kelamin anak ayam (sexing DOC)
Dikuti oleh 34 peserta provinsi se Indonesia, untuk peserta NTB tersisihkan dengan provinsi lain yang lebih teliti keakuratan memilih anak ayam jantan betina. Pada lomba ini yang mendapatkan juara I Provinsi Bengkulu, juara II Provinsi Sulawesi Selatan dan juara III Provinsi Sumatra Selatan.


4. Mengemas benih ikan lele
Untuk lomba mengemas benih ikan lele, peserta NTB diskualifikasi terkait dengan peserta tidak melakukan verifikasi daftar ulang pada saat pelaksanaan.


5. Okulasi benih buah jeruk
Untuk lomba okulasi benih buah jeruk dikuti oleh 23 peserta provinsi se Indonesia. Peserta NTB kalah dengan peserta provinsi lain yang lebih cepat, tepat dalam pemilihan ranting yang akan diokulasikan. Pada lomba yang mendapatkan juara I Provinsi Bali, Juara II Provinsi Bengkulu dan Juara III Provinsi Jawa Timur.


6. Mengupas membelah dan mencungkil buah kelapa
Lomba mengupas membelah dan mencungkil buah kelapa diikuti oleh 28 peserta provinsi. Peserta NTB kalah dengan provinsi lain yang lebih cepat, gesit dalam waktu kurang dari 5 menit. Yang mendapatkan juara I Provinsi Bali, Juara II Provinsi Papua dan Juara III Jawa Barat.


7. Memilih varietas sesuai tingkat kemantangan tebu
Kegiatan lomba memilih varietas tingkat kemantangan tebu dikuti oleh 11 peserta provinsi. Peserta NTB secara bangga ikut serta dalam pelaksanaan lomba dikarenakan provinsi NTB tidak termasuk penghasil/petani tebu dengan daerah lainnya khususnya di pulau jawa. Dengan rasa percaya diri Provinsi NTB mendapatkan Juara II, Provinsi Jawa Tengah Juara I dan Provinsi Bali Juara III.


C. Pada lomba kegiatan asah trampil Prov. NTB mengikuti 2 grup (Grup NTB I, Grup NTB II) akan tetapi kalah dalam penyisihan dengan provinsi lainnya dan masuk dalam final Prov. Bali, Prov. Banten, Prov. Kalimantan Tengah, Prov. DKI Jakarata II dan Prov. Gorontalo

D. Untuk temu karya Provinsi NTB mendapatkan juara III, setelah Prov. Sumatra Barat (juara II), Prov. Riau (juara I) sedangkan pada gerakan masyarakat peduli industri perikanan kelautan (Gepita) Provinsi NTB mendapatkan juara II, Prov. Bali Juara I dan Prov. Jawa Timur juara III.

 



0 Komentar :